Syahrin, Muhammad (2023) Penggunaan Media Aplikasi Notion dalam Meningkatkan Hasil Belaljar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK Negeri 1 Tutar. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text
2020203886108003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (20MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang penggunaan media aplikasi Notion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMK Negeri 1 Tutar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media aplikasi Notion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI pada SMK Negeri 1 Tutar Kab. Polewali Mandar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu model penelitian dari Kurt Lewin, yang berbentuk spiral dari siklus pertama dengan siklus selanjutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Adapun alurnya adalah: (1) dentifikasi masalah, yaitu peneliti menetapkan permasalahan yang akan dikaji; (2) Merencanakan yaitu peneliti menyusun rencana tindakan/solusi terhadap pemecahan masalah; (3) Pelaksanaan yaitu peneliti melaksanakan tindakan yang telah dirumuskan pada RPP; (4) Observasi yaitu peneliti mengamati perilaku peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (5) Refleksi yaitu peneliti mencatat hasil observasi dan mengevaluasi hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi Notion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar di tiap siklus. Berdasarkan hasil penggunaan aplikasi Notion pada aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh jumlah skor 37,33 dengan persentase sebesar 62,22% yang menunjukan kategori penilaian (cukup). Selanjutnya, hasil aktivitas peserta didik pada siklus II diperoleh jumlah skor 45 dengan persentase sebesar 75% yang menunjukan kategori penilaian (baik). Terakhir, hasil aktivitas peserta didik pada siklus III diperoleh jumlah skor 54,67 dengan persentase sebesar 91,11% yang menunjukan kategori penilaian (sangat baik). Hal ini menunjukkan pengggunaan media aplikasi notion dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMK Negeri 1 Tutar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E- Media, Aplikasi Notion, Hasil Belajar |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | junita Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:10 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8700 |
Actions (login required)
View Item |