Siskawani, A (2024) Pemanfaatan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Kelas I di UPT SDN 215 Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203886108001.pdf] Text
2020203886108001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui mengetahui pemanfaatan media Flashcard dapat meningkatkan kemampaun membaca huruf hijaiyyah peserta didik kelas 1 di UPT SDN 215 Pinrang. Media Flashcard merupakan media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dilengkapi berbagai gambar seperti benda-benda, binatang dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Model yang digunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di UPT SDN Negeri 215 Pinrang dengan mengambil sampel yaitu kelas I sebanyak 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan media Flashcard dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas I di UPT SDN 215 Pinrang berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai dari sebaran angket sebesar 84.5% dari nilai ideal (913). (2) Pelaksanaan kemampuan membaca huruf hijaiyyah PAI dan Budi Pekerti memanfaatkan media Flashcard telah terlaksana dengan sangat baik, hal ini ditinjau dari hasil observasi aktivitas peserta didik yang berada pada kategori sangat baik yaitu 81% dan aktivitas guru yang berada pada kategori sangat baik yaitu 97.5%. (3) Pemanfaatan media Flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyya kelas I di UPT SDN 215 Pinrang ditinjau dari segi respons peserta didik berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai dari sebaran angket yaitu 84.1% dari nilai ideal (909). Sementara itu, jika ditinjau dari hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan menunjukkan skor pretest dengan rata-rata 57.38, median 58 dan nilai modus 50 sedangkan hasil belajar peserta didik setelah perlakuan menunjukkan skor posttest dengan rata-rata sebesar 90.66, median 89, dan nilai modus 100. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyyah setelah diberilkan perlakuan memanfaatakan media Flashcard kelas I di UPT SDN 215 Pinrang. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya pembelajaran bermakna bagi peserta didik untuk menikmati pembelajaran dengan memanfaatkan media Flashcard.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media Flashcard, kemampuan membaca huruh hijaiyyah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:04
Last Modified: 04 Oct 2024 06:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8695

Actions (login required)

View Item View Item