Ningsih, Rahmania (2024) Teachers’ Creativity in EFL Teaching Classroom of Vocational High Schools at Barru Regency. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203879102011.pdf] Text
2020203879102011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan berpikir, menemukan dan mengembangkan ide-ide baru dan konsep inovatif agar dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna. Kreativitas menjadi unsur penting yang harus dimiliki oleh guru. Namun, terkadang kreativitas ini belum sepenuhnya dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam konteks pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) di sekolah kejuruan. Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di SMK, kreativitas guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan relevan dengan dunia kerja sehingga siswa lebih termotivasi dan siap menghadapi tantangan di dunia professional. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kreativitas guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di sekolah kejuruan di Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang guru Bahasa Inggris dari tiga sekolah kejuruan yang berbeda di Kabupaten Barru. Prosedur pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa di sekolah kejuruan di Barru, guru EFL menunjukkan kreativitas yang beragam yakni dengan mengadaptasi perencanaan kreatif sesuai dengan kurikulum dan standar pemerintah, menggunakan metode seperti pembelajaran kolaboratif, berbasis pengalaman, dan proyek berbasis komunitas untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan. Kreativitas mereka terlihat jelas dalam pendekatan yang berpusat pada siswa, yang memanfaatkan beragam media dan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan mengatasi berbagai gaya belajar. Manajemen kelas yang efektif dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan siswa semakin menunjukkan strategi pengajaran kreatif mereka. Guru secara aktif merefleksikan dan mengadaptasi metode mereka berdasarkan masukan siswa, dan mengatasi tantangan melalui kolaborasi dan pengembangan profesional berkelanjutan. Penggunaan teknologi secara kreatif dan pengembangan bahan ajar yang unik, seperti Reading Journal, Weekly News Journal, Digital Storytelling, dan proyek kolaboratif menggarisbawahi komitmen mereka untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran EFL, Sekolah Menengah Kejuruan Teacher’s Creativity, EFL Classroom, Vocational High Schools
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 05:48
Last Modified: 04 Oct 2024 05:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8686

Actions (login required)

View Item View Item