Jumriana, Jumriana (2023) Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Berbantuan Flash Carddan Game Bahasa Arab-Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDIT Al-Insan Pinrang. Masters thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.0212.002.pdf] Text
19.0212.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan flash card, efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan game bahasa Arab-Inggris, dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan flash card dan game bahasa Arab-Inggris untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 SDIT Al-Insan Pinrang. Hal ini didasari banyaknya peserta didik yang kesulitan mengikuti pembelajaran bahasa Arab terutama dalam penguasaan kosakata bahasa sehingga dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik. Permasalahan utamanya adalah bagaimana tingkat keefektifan pembelajaran bahasa Arab menggunakan flash card dan game bahasa Arab�Inggris untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 4 sebanyak 77 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang dengan pembagian 26 untuk kelas kontrol dan 26 untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan uji statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) media flash card efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2- Tailed) = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, maka dengan ini H0 ditolak dan Ha diterima 2) gamebahasa Arab-Inggris efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2-Tailed) = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, maka dengan ini H0 ditolak dan Ha diterima 3) Nilai Sig. (2-Tailed) pada baris “equal variance assumed” = 0,03 lebih kecil dari α = 0,05, maka dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada peserta didik yang menggunakan gamebahasa Arab-Inggris yakni kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada peserta didik yang menggunakan media flash card

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card, Game Bahasa Arab-Inggris, Hasil Belajar, Meningkat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 05:43
Last Modified: 04 Oct 2024 05:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8681

Actions (login required)

View Item View Item