Auliyah, Nurul (2024) Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Produk Cicil Emas dalam Meningkatkan Profitabilitas pada Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203862201003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Efektivitas strategi pemasaran digital baik itu produk cicil emas ataupun produk lain dalam upaya peningkakan profitabilitas pada Bank Syariah Indonesia KCP Barru menjadi salah satu poin penting. Karena apabila suatu cabang tidak mampu mencapai target yang diberikan kantor pusat dan terjadi penurunan kualitas cabang yang signifikan secara terus menerus maka kemungkinan cabang tersebut akan ditutup. Oleh karena itu, untuk mencapai target serta meningkatkan efektivitas dan profitabilitas salah satunya dibutuhkan strategi pemasaran digital yang cepat dan tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), dengan tahapan pengumpulan data yang ada di dalam penelitian ini adalah melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berasal dari dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari informan yakni karyawan yang bertugas untuk memasarkan produk cicil emas dan juga nasabah cicil emas Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian seperti buku, laporan, jurnal, dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam pemasaran digitalnya menggunakan BSI Mobile dan sosial media yaitu whatsapp dalam mengenalkan dan memasarkan produk dan layanan yang tersedia di Bank Syariah Indonesia KCP Barru, salah satunya produk cicil emas. Strategi pemasaran digital yang sudah dijalankan selama kurang lebih 1 (satu) tahun sejak hadirnya BSI di Kabupaten Barru ternyata terbilang sangat efektif. Meskipun pada beberapa bulan awal penerapan strategi ini, peningkatannya tidak terlalu besar. Namun, seiring berjalannya waktu kini membuahkan hasil yang sangat baik ditandai dengan meningkatnya jumlah nasabah dan outstanding cicil emas yang juga memengaruhi peningkatan profitabilitas pada Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Pemasaran Digital, Produk Cicil Emas, Profitabilitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:59
Last Modified: 04 Oct 2024 03:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item