Umamah, Ade (2024) Analisis Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang (Studi Perspektif Psikolinguistik). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203888104004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca teks Bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang, Kabupaten Sidrap, dari perspektif psikolinguistik. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tujuan utama, yaitu: (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode qiraah di kelas XI MA DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap, (2) untuk mengetahui kemampuan membaca teks Bahasa Arab siswa kelas XI MA DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap menggunakan metode pembelajaran yang telah diterapkan, dan (3) untuk menganalisis kemampuan membaca teks Bahasa Arab siswa kelas XI MA DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap dari perspektif psikolinguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian terdiri dari guru Bahasa Arab dan siswa kelas XI MA DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif untuk mengevaluasi strategi pembelajaran, mengukur kemampuan membaca teks, dan menganalisis kemampuan membaca teks dari perspektif psikolinguistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode qiraah adalah guru terlebih dahulu menjelaskan materi nahwu dan Sharaf, kemudian meminta siswa untuk mempraktekannya langsung pada Al-quran, selain itu guru juga menggunakan metode kolaborasi yaitu dengan metode ceramah kemudian dilanjutkan dengan metode klasikal (2) Kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa masih tergolong rendah dimana banyak dari siswa belum mahir dalam memahami makna kata, pola kalimat dan belum mahir dalam menentukan harakat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa Arab (3) Sedangkan kemampuan membaca teks Bahasa Arab dilihat dari perspektif psikolinguistik juga masih tergolong rendah. Faktor psikologis yang mempengaruhi hal tersebut adalah minat dan motivasi siswa, dimana dalam penelitian ini faktor minat dan motivasi siswa yang rendah yang menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psikolinguistik, Pembelajaran, Bahasa Arab, Maharah, Al-qiraah |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120199 Architecture not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:52 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8665 |
Actions (login required)
View Item |