Yusuf, A. Arifay (2024) Dampak Penerapan Strategi Pembelajaran Riyadhah Berbasis Android Terhadap Pengamalan Ibadah Santri Masjid Modern Kurir Langit di Kabupaten Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang dampak penerapan strategi pembelajaran riyadhah berbasis android terhadap pengamalan ibadah santri Masjid Modern Kurir Langit Kabupaten Barru. Tujuan penelitian ini untuk mengukur sejauh mana dampak yang dihasilkan dalam penerapan pembelajaran riyadhah terhadap perubahan perilaku maupun spiritual keagamaan dalam kehidupan sehari-hari pada pemuda hijrah atau dikenal dengan santri pemegang amanah yang disebut dengan istilah SPA dalam lingkup Masjid Modern Kurir Langit. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang dilakukan yaitu fenomenologi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, (1) Penerapan strategi pembelajaran riyadhah yaitu, SPA dibekali dengan dua tarbiyah islamiyah yang menjadi pembelajaran riyadhah mereka, dalam hal ini adalah tarbiyah ilmu dan tarbiyah amal. (2) Pembelajaran riyadhah berbasis android yaitu pemanfaatan aplikasi android dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran secara daring atau online via aplikasi Zoom Meeting, sebagai media komunikasi via aplikasi Whatsaap, dan sebagai media pelaporan, absensi, dan evaluasi via aplikasi Time Attendance System. (3) Dampak penerapan pembelajaran riyadhah yaitu bertujuan membentuk pemahaman yang lurus sesuai jumhur ulama dengan haluan ahlusunnah waljamaah beraqidah Asy’ariyah, sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan As-Sunnah, dan menjalankan tuntunan ajaran agama islam secara istiqamah atau konsisten. (4) Faktor Penghambat dan Pendukung penerapan Strategi Pembelajaran Riyadhah Berbasis Android yaitu, Faktor penghambat yaitu, kurangnya kesadaran dan motivasi, keterbatasan akses teknologi, keterbatasan biaya internet, dan kurangnya minat terhadap pembelajaran digital. Faktor pendukung yaitu, kemudahan akses informasi dan komunikasi, memudahkan pengabsenan, dan mengakses aplikasi-aplikasi pembelajaran Implikasi pada penelitian ini yang pertama, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran riyadhah terhadap pemuda-pemuda hijrah. Yang kedua strategi pembelajaran riyadhah ini bisa dilaksanakan di masjid-masjid dan komunitas hijrah, namun juga masih perlunya diadakan pengembangan strategi dan disosialisasikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Riyadhah, Android, Ibadah, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0899 Other Information and Computing Sciences > 089999 Information and Computing Sciences not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:19
Last Modified: 04 Oct 2024 02:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8660

Actions (login required)

View Item View Item