Kurniawan, Agung (2022) Preferensi Masyarakat Muslim Terhadap Produk Wadiah pada Bank Syariah di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203760102001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Bank Syariah dan Preferensi masyarakat terhadap produk Wadi’ah, namun masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami produk wadi’ah, apabila dikaji tentang manfaatnya, produk Wadi’ah ini sangat bagus digunakan untuk masyarakat. Wadi’ah adalah jasa penitipan dana dimana penitip dapat mengambil dana tersebut sewaktu-waktu, dimana bank tidak berkewajiban namun diperbolehkan memberiakan bonus kepada nasabah.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Preferensi Masyarakat Muslim terhadap Produk Wadi’ah pada Bank Syariah di Kota Parepare. 1). Untuk mengetahui Prinsip Produk Wadi’ah dan Penerapan Akad Wadi’ah di Bank Syariah Parepare. 2). Untuk mengetahui Faktor-faktor apakah yang Mempengaruhi Masyarakat Muslim menggunakan produk Wadi’ah di Bank Syariah Parepare 3). Untuk mengetahui Preferensi masyarakat terhadap produk Wadi’ah di Bank Syariah Parepare. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan pendekatan penelitian fenomologis. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi lapangan yang meliputi Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Produk Wadi’ah pada Bank Syariah Parepare ialah simpanan murni dari pihak yang menyimpan atau menitipkan kepada pihak yang menerima titipan untuk dimanfaatkan atau tidak dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama. Produk Wadi’ah di Bank Syariah di kota Parepare menggunakan sistem fee (bonus), dihitung berdasarkan nisbah dikalikan dengan pendapatan Bank atas dana yang disimpan nasabah. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menggunakan Produk Wadi’ah pada Bank Syariah yaitu salah satunya orang yang terdekat dengan kita yang sudah menggunakan produk tabungan wadiah tersebut, kemudian menyampaikan kepada kerabatnya tentang manfaat dan kelebihan dari produk Wadi’ah di Bank Syariah Kota Parepare. 3)Preferensi masyarakat terhadap produk Wadi’ah pada Bank BTN Syariah Parepare dipengaruhi oleh beberapa konsep preferensi yaitu : Kelengkapan, Transivitas, Kontinuitas, dan Lebih banyak lebih baik. Preferensi masyarakat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor yaitu : Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Masyarakat Muslim, Produk Wadi’ah.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:12
Last Modified: 04 Oct 2024 01:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8649

Actions (login required)

View Item View Item