Latami, Nurmiyati (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik di SMP Negeri 4 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Media Pembelajaran Berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 4 Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. dengan pendekatan studi kasus, sumber data yaitu data primer (Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah) dan data sekunder (dokumen langsung ke lapangan atau dilakukan di lapangan dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, guna memperoleh data yang jelas dan representatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pinrang ialah perangkat pembelajaran yang sudah terintegrasi dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Adapun Desain Perangkat pembelajaran yang dimaksudkan meliputi Rancangan pembelajaran yaitu diawali dengan persiapan pembelajaran yang didalamnya termasuk Silabus, penyusunan RPP, dan juga pemilihan metode dan strategi. Rancangan pembelajaran terdiri dari tiga bagian diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti setelah itu penutup dan dilanjutkan asesmen bagi peserta didik. (2) Penggunaan Media pembelajaran berbasis Information Communication and Technology (ICT) yang digunakan di SMP Negeri 4 Pinrang meliputi penggunaan hardware dan software. Penggunaan hardware yang dimaksudkan yaitu penggunaan laptop/komputer, smartphone, Speaker aktif/ sound serta LCD/proyektor, sedangkan penggunaan software yaitu powerpoint, internet, web, aplikasi editing video, dan youtube. (3) Hasil Belajar Peserta didik menggunakan media pembelajaran ICT berdasarkan hasil asesmen/ penilaian formatif dan sumatif yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik menunjukkan keefektifan dalam pembelajaran yang menghasilkan atau menunjukkan kepada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran ICT.
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:02
Last Modified: 04 Oct 2024 01:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8642

Actions (login required)

View Item View Item