Saenal, Muhammad (2023) : Analisis Keterbacaan Buku Ayo Memahami Bahasa Arab dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada MTs DDI Takkalasi kabupaten Barru. Masters thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.0212.004.pdf] Text
18.0212.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam tesis ini, yakni tentang : Bagaimana Analisis keterbacaan buku Ayo Memahami Bahasa Arab pada MTs DDI Takkalasi, Bagaimana tingkat Kohesi dan Koherensi buku Ayo Memahami Bahasa Arab pada peserta didik MTs DDI Takkalasi serta bagaimana mengimplementasikan buku Ayo Memahami Bahasa Arab pada pembelajaran Bahasa Arab pada MTs DDI Takkalasi? Metode yang dipergunakan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh dalam penelitian ini menggunakan Mixed Methodedengan rancangan kombinasi berurutan (sequential explanatory) kuantitatif dan kualitatif dan untuk menguji keterbacaan menggunakan metode Cloze Test kepada tiga puluh satu peserta didik.Metode kualitatif dipergunakan untuk meneliti tingkat kohesi dan koherensi wacana pada buku Ayo Memahami Bahasa Arab kelas VIII MTs serta implementasi dalam pembelajaran Bahasa Arab pada MTs DDI Takkalasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan rata-rata keenam teks yang diujikan termasuk dalam kategori keterbacaan sedang (Intruksional) yaitu wacana I yang berjudul تِ ق " َو ْ ْ ُم ال persentase memiliki تَْن " ِظْي 53,35%, wacana II yang berjudul ةِ سَ رَ َمدْ " ْ 45,12%, persentase memiliki يَ ْو ِميَّاتُنَا فِي ال " wacana III yang berjudul تِ يْ َب" IV wacana 39,96%, persentase memiliki يَ ْو ِميَّاتُنَا فِي ال " ْ yang berjudul ُةَهنْمِ " ْ " لَا memiliki persentase 47,35%, wacana V yang berjudul " ِيَّةُ طِب ال ِمْهنَةُ ْ " لَا memiliki persentase 53,16%, wacana VI yang berjudul ُةَادَعيِ" َمْر َضي ْ " الmemiliki persentase 40,61%.Adapun tingkat kohesi dan koherensi dalam buku teks ayo memahami bahasa Arab kelas VIII MTs adalah tinggi dan tergolong memiliki kesatuan dan kepaduan yang baikyang didasarkan pada aspek gramatikal direalisasikan melalui unsur referensi, subtitusi, elipsis dan konjungsi. Sedangkan kohesi leksikal direalisasikan melalui reiterasi dan kolokasi. Kemudian dari aspek koherensi, penanda yang termuat dalam buku teks ayo memahami bahasa Arab kelas VIII MTs direalisasikan melalui unsur aditif, seri, keseluruhan ke sebagian, penekanan, hasil, contoh, kesejajaran, tempat dan waktu.Sementara Implementasi Buku Ayo Memahami Bahasa Arab pada pembelajaran bahasa arab dikelas VIII MTs DDI Takkalasi berjalan dengan baik dan sukses. Namun dalam penerapannya perlu dikombinasikan dengan beberapa cara agar pembelajaran bisa berhasil dengan baik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Readability analysis, cloze test technique, cohesion and coherence
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 00:42
Last Modified: 04 Oct 2024 00:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8640

Actions (login required)

View Item View Item