Munir, Nurmaya Fitriani (2022) Strategi Persaingan bIsnis Jasa Kurir dalam Membangun Loyalitas Pelanggan.di Kota Parepare (Tinjauan Etika Bisnis Islam). Masters thesis, IAIN PAREPARE.
Text (Full Text)
2020203860102013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang strategi persaingan bisnis jasa kurir dalam membangun loyalitas pelanggan di kota Parepare. Hal ini didasari perkembangan bisnis Jasa kurir semakin meningkat pesat. Persaingan antara pelaku bisnis kurirpun tidak dapat dihindari, salah satu bentuk persaingan adalah dalam bentuk penggunaan strateginya dalam membangun loyalitas pelanggan seperti pelayanan, harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pemilik jasa kurir dalam membangun loyalitas pelanggan di Kota Parepare. Bentuk persaingan bisnis yang dilakukan oleh pemilik bisnis jasa kurir di Kota Parepare. Tinjauan etika bisnis Islam pada pemilik bisnis jasa kurir di Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam Tesis ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam hal strategi membangun loyalitas pelanggan di Kota parepare, masing-masing berbeda implementasi strategi yang mereka miliki. Evaluasi strategi dilakukan untuk menilai sejauh mana hasil dan umpan balik yang didapatkan oleh organisasi, penulis melihat bahwa pemilik jasa kurir menyadari perlunya evaluasi/perbaikan guna membangun loyalitas pelanggan (2) Persaingan pelayanan para pemilik bisnis jasa kurir di Kota Parepare mayoritas sudah baik meskipun jenis layanan yang diberikan berbeda, akan tetapi mereka berusaha memberikan yang terbaik. Persaingan harga yang terjadi pada pemilik bisnis jasa kurir di Kota Parepare adalah hal yang wajar terjadi. Persaingan dalam bentuk promosi masing-masing memanfaat platform media sosial dan mereka lebih menunjolkan kelebihan-kelebihan apa saja yang jasa mereka miliki untuk menarik pelanggan.(3) Persaingan yang terjadi pada pemilik bisnis jasa kurir di Kota Parepare sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yang ada hal ini berdasarkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yang telah diterapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Persaingan Bisnis, Jasa kurir, Loyalitas Pelanggan, Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | irwandi Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 14:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 14:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8639 |
Actions (login required)
View Item |