Hidayatullah, Hidayatullah (2024) Membumikan Fun Fatwa Habib Husein Ja’far Al Hadar di Media Sosial. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
2020203870133004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Media sosial adalah media trend masa kini. Selain menjadi penyedia beragam informasi, media sosial mampu menjadi trigger dalam menciptakan budaya baru dan dijadikan sebagai sumber pengetahuan bagi generasi milenial. Akses yang cepat terhadap internet membuat milenial selalu dikaitkan dengan budaya instan dan ikut-ikutan; seperti berperilaku, beradaptasi dengan trend, dan aktivitas yang menyenangkan. Dalam fenomena tersebut, bahwa kesenangan dan kesalehan menjadi bagian dari religiusitas generasi milenial: mereka ingin tampil saleh, namun tetap terlihat trendi. Tesis ini mengupas tuntas terkait fun fatwa; bagaimana Habib Husein Ja’far al Hadar membangun otoritas keagamaannya terhadap generasi milenial dengan mengembangkan strategi dakwah di media sosial. Kanal YouTube Pemuda Tersesat menjadi data utama dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan netnografi dan teknik analisis data menggunakan content analysis. Adapun hasil penelitian ini, melalui analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk menemukan pada aspek tematik, tema dalam konten Pemuda Tersesat membahas isu-isu terkini yang difokuskan pada milenial. Pada aspek skematik, memuat tiga sesi, yakni pembukaan, menjawab pertanyaan (sesi inti), dan penutup. Pada aspek semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris, secara umum mengandung unsur fun fatwa dan memiliki makna yang eksplisit, karena semua pesan disampaikan penuh dengan humor, edukatif, dan staight to the point. Adapun strategi dakwah Habib Husein, (1) Pengunggahan video yang konsisten, (2) tema yang menarik dan isu yang aktual, (3) interaktif kepada viewers, (4) Editing video yang simpel dan unik, dan (5) Menyediakan link donasi (celengan pemuda tersesat). Dengan demikian, menarik simpulan bahwa pendakwah haruslah beradaptasi dengan trend masa kini. Dalam aktivitas dakwah Habib Husein, mampu beradaptasi terhadap trend masa kini, hal tersebut dibuktikan menjangkau khalayak yang lebih luas, Ia menjadikan dakwahnya lebih menghibur, informatif, dan diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, fun fatwa, analisis wacana kritis
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 03 Oct 2024 14:39
Last Modified: 03 Oct 2024 14:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

View Item View Item