AMANDA, DHEA (2024) Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Financial Literacy Terhadap Financial Behavior Pada Pelaku UMKM di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
2020203861211021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Jumlah UMKM terus mengalami peningkatan setiap tahunnya begitupun dengan UMKM yang berada di Kota Parepare terutama dibidang kuliner, namun berdasarkan data survei OJK tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih cukup rendah, sehingga pegetahuan keuangannya masih kurang baik belum lagi pelaku UMKM memiliki tingkat pendidikan yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan dan pengaruh antara tingkat pendidikan dan financial literacy terhadap financial behavior pada pelaku UMKM di Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 81 UMKM. Adapun teknik analisis datanya terdiri atas uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji One sample T test, uji korelasi, uji parsial, uji simultan dan uji regresi linear berganda. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pendidikan berkorelasi positif dengan financial behavior terbukti dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Financial literacy berkorelasi positif dengan financial behavior terbukti dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Tingkat pendidikan tidak berpengaruh parsial terhadap financial behavior terbukti dari nilai signifikansi 0,173 > α 0,05. (4) Financial literacy berpengaruh secara parsial terhadap financial behavior dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05. (5) Berdasarkan uji F tingkat pendidikan dan financial literacy berpengaruh simultan terhadap financial behavior dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05. Hasil uji analisis regresi linear berganda menunjukkan jika tingkat pendidikan dan financial literacy berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai konstan 15,715. Sedangkan, R square bernilai 0,550 yang berarti 55% financial behavior dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan financial literacy dan 45% nya di pengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat pendidikan, Financial Literacy, Financial Behavior,UMKM. |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | ismail Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:51 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 06:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8627 |
Actions (login required)
View Item |