Andira, Ayu (2024) Analisis Keputusan Pengambilan Kredit Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Langnga Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203862201029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu lembaga keuangan yang ikut berperan untuk membantu program pemerintah dalam menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada Bank BRI Unit Langnga Kabupaten Pinrang jumlah nasabah yang mengambil kredit setiap bulannya tidak menentu, kadang mengalami kenaikan dan bahkan mengalami penurunan yang drastis. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1) Strategi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Langnga Kabupaten Pinrang dalam memperkenalkan kredit ke nasabah sehingga memutuskan mengambil kredit di Bank BRI, 2) Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah dalam pengambilan keputusan memilih Bank BRI untuk memperoleh kredit, dan 3) Perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan terhadap produk kredit. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, serta metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian terkait Analisis Keputusan Pengambilan Kredit Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Langnga Kabupaten Pinrang adalah: 1) Strategi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit Langnga Kabupaten Pinrang dalam memperkenalkan kredit ke nasabah sehingga memutuskan mengambil kredit di Bank BRI yaitu dengan menggunakan strategi bauran pemasaran dengan menerapkan strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, strategi promosi, strategi sumber daya manusia, strategi proses, dan strategi bukti fisik. 2) faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah dalam pengambilan keputusan memilih Bank BRI untuk memperoleh kredit adalah faktor sosial, faktor pelayanan, faktor pribadi, dan faktor psikologis. 3) Perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan terhadap produk kredit yaitu melalui lima tahapan, diantaranya: mengenali masalah, mencari informasi, mengevaluasi pilihan, pengambilan keputusan dan hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kredit, Keputusan Nasabah.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:41
Last Modified: 03 Oct 2024 06:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8623

Actions (login required)

View Item View Item