HANISA, HANISA (2024) , Perilaku Fanatisme K-Popers pada Akun Komunitas dan Penggemar BTS di Instagram. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.3100.028.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis perilaku fanatisme K-Popers pada akun komunitas dan penggemar BTS di platform media sosial Instagram ditinjau dari teori konstruksi realitas sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas subjektif, realitas simbolik serta realitas subjektif perilaku fanatisme K-Popers dalam mengedit konten pada akun komunitas dan penggemar di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara terhadap admin akun K-Pop di Instagram. Informan penelitian ini adalah admin @yoyuby93, @agustdmine93, @yoza_anjelisa, dan @asrianisj. Data yang terkumpul dianalisis secara sistematis melalui melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perilaku fanatisme K-Popers dalam mengedit konten pada akun Instagram admin akun K-Popers tidak memenuhi realitas objektif. Karena beberapa konten yang dibuat admin tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka senantiasa mengedit dan mengilustrasikan kontennya sesuai imajinasi sendiri dan ada yang tidak memiliki aturan membuat konten sehingga konten yang dihasilkan tidak terkontol dan tidak masuk akal. (2) Realitas simbolik perilaku fanatisme K-Popers dalam mengedit konten dimana admin senantiasa menggunakan simbol atau unsur-unsur tertentu yang memiliki makna khusus bagi admin tersebut. Misalnya, penggunaan emoji love ungu, sparkle, logo fandom K-Pop, tulisan korea pada konten yang dibuat para admin K-Pop untuk mengekspresikan rasa cinta, kesenangannya, loyalitas dan kebanggaannya terhadap idola K-Pop. (2) Realitas subjektif perilaku fanatisme K-Popers dalam mengedit konten dimana perasaan admin sebagai penggemar K-Pop memengaruhi cara mengedit konten karena idola berperan sebagai ide konten admin dimana mereka terinspirasi dari ekspresi, gaya dan pesona idola K-Popnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instagram; K-Popers; Mengedit Konten; Perilaku Fanatisme.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:36
Last Modified: 03 Oct 2024 06:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item