S, ASMIRANDA (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Produk Gadai Rahn Syariah Di Kota Parepare (Studi Kasus KSU Aneka Jasa Unit Produk Gadai Rahn Syariah). Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203861211045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Keberadaan pegadaian syariah dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh dana dengan cepat untuk pemenuhan kebutuhan dengan jaminan barang bergerak. Namun kenyataannya adalah ketidaktahuan Masyarakat terhadap keberadaan usaha gadai (Rahn) syariah tersebut yang transaksinya tidak mengandung unsur riba dengan bunga yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apakah faktor lokasi, promosi dan implementasi syariah dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih produk jasa gadai di KSU Aneka jasa produk gadai (Rahn) syariah kota Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan pendekatan metode kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner. Variabel bebas dari penelitian ini adalah faktor lokasi, faktor promosi dan faktor implementasi syariah, adapun variabel terikat minat beli masyarakat Sampel penelitian sebanyak 96 Masyarakat baik yang sedang menggunakan atau telah menggunakan jasa gadai Rahn syariah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Korelasi, uji Koefisien determinasi (R2) dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil Uji Regresi Linier Berganda melalui Uji T bahwa variabel lokasi Thitung sebesar 3,604 > 1,662 Ttabel dan Sig 0,001 < 0,05 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat memilih produk gadai di KSU Aneka Jasa Produk Gadai Rahn Syariah dikota Parepare.(2) Berdasarkan hasil Uji Regresi Linier Berganda melalui Uji T bahwa variabel promosi Thitung sebesar 3,592 > 1,662 Ttabel dan Sig 0,001 < 0,05 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat memilih produk gadai di KSU Aneka Jasa Produk Gadai Rahn Syariah dikota Parepare. (3) Berdasarkan hasil Uji Regresi Linier Berganda melalui Uji T bahwa variabel implementasi syariah Thitung sebesar 3,938 > 1,662 Ttabel dan Sig 0,000 < 0,05 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat memilih produk gadai di KSU Aneka Jasa Produk Gadai Rahn Syariah dikota Parepare. (4) Berdasarkan hasil Uji F sebesar 15,702 bahwa variabel lokasi, promosi, dan implementasi syariah berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai di KSU Aneka Jasa Produk Gadai Rahn Syariah di kota Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Beli, Lokasi, Promosi, Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 03 Oct 2024 05:05
Last Modified: 03 Oct 2024 05:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8598

Actions (login required)

View Item View Item