NURHALIZA, NURHALIZA (2024) Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
2020203862201036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pasar modal memberikan kesempatan untuk menghubungkan pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana untuk tujuan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh price earning ratio dan dividend payout ratio terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumen yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2021-2023. Manfaat penelitian ini sebagai rujukan atau referensi bagi pihak yang memerlukan untuk penelitian lebih lanjut dan mendalam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sektor barang konsumen yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2021-2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Adapun teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian terkait Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2021-2023 adalah menunjukkan bahwa secara parsial price earning ratio berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumen yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2021-2023 dibuktikan dengan hasil nilai Thitung > Ttabel yakni 1,922 > 0,008 dengan nilai signifikansi sebesar 0,049 < 0,05. Dividend payout ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumen yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2021-2023 dibuktikan dengan hasil nilai Thitung < Ttabel yakni -2,457 < 0.008 dengan nilai signifikansi sebesar 0,103 > 0,05. Secara simultan variabel independen yaitu price earning ratio dan dividend payout ratio berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumen yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2021-2023 dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel yakni 3,121 > 2 dengan nilai signifikansi sebesar 0,049 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Price Earning Ratio, Dividend Payout Ratio, Return Saham |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah |
Depositing User: | irwandi Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:30 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8591 |
Actions (login required)
View Item |