Julianti, Julianti (2024) Strategi Bauran Pemasaran Pembiayaan Pensiun dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Kabupaten Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203862201012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Bauran pemasaran merupakan suatu strategi gabungan yang diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam industri pemasaran. Hampir setiap perusahaan menerapkan strategi ini untuk mencapai tujuan pemasarannya, terutama di masa persaingan yang ketat. Kombinasi yang terkandung dalam komponen-komponen bauran pemasaran harus dilakukan secara terpadu. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk menganalisis seperti apa bentuk strategi bauran pemasaran pembiayaan pensiun yang diterapkan di Bank Syariah Indonesia KCP Kabupaten Barru dan Untuk menganalisis kendala yang dihadapi dalam memasarkan pembiayaan pensiun Bank Syariah Indonesia KCP Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Data yang di peroleh melalui dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari informan yakni karyawan yang bertugas untuk memasarkan produk pembiayaan pensiun di BSI KCP Kabupaten Barru dan nasabah BSI KCP Kabupaten Barru, dengan tujuan mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan terkait dengan strategi pemasaran produk. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini seperti buku, laporan, jurnal maupun dari sumber lainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi bauran pemasaran yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Barru untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu 7 P product (produk), price (harga), place (tempat/saluran distribusi), promotion (promosi), people (orang), process (proses), physical evidence (bukti fisik). Adapun komponen yang harus diterapkan lebih dalam lagi yaitu komponen promosi, dan harga agar jumlah nasabah lebih meningkat. 2) kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia yaitu biaya finalti take over yang terlalu mahal, kesulitan dalam mencari alamat pensiunan, dan kurangnya marketing pensiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bauran Pemasaran, Pembiayaan Pensiun
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:52
Last Modified: 03 Oct 2024 04:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item