Rastina, Rastina (2024) Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Kinerja Manajemen Kurir dan Logistik Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203862201001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Parepare, memiliki target pencapaian yang harus dilaksanakan. Namun dalam pelaksananaanya, sering kali tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan adanya penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam perusahaan, maka akan semakin baik kinerja manajemennya. Sementara kinerja manajemen yang baik akan memudahkan perusahaan untuk menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1) Prosedur pelaksanaan kegiatan operasional di PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare, 2) penerapan akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan syarat-syarat akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare, 3) peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja manajemen pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian lapangan, serta metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian terkait Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Kinerja Manajemen Kurir dan Logistik Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare adalah : 1) Prosedur pelaksanaan kegiatan operasional di PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare layanan korporat meliputi, penawaran dan Perjanjian Kerjasama dengan mitra korporat, penerimaan Barang/Dokumen, proses sortir dan pengepakan, hingga pengiriman ke Tujuan, dilanjutkan pelacakan dan Monitoring, dan terakhir penerbitan Surat Penagihan/Invoice Pembayaran. 2) PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Parepare sudah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sesuai dengan syarat-syarat penerapannya yaitu terdapat struktur organisasi pada perusahaan, penyusunan anggaran, adanya pemisahan biaya terkendali dan tidak terkendali, memiliki pengklasifikasian kode rekening, dan terdapat pelopran pertanggungjawaban. 3) Dengan menggunakan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja, akuntabilitas manajer dan karyawan menjadi lebih jelas, serta dapat meningkatkan motivasi mereka untuk bekerja lebih baik karena kinerja mereka akan dievaluasi dan dihargai secara adil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Kinerja |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150114 Corporate Social Responsibility |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah |
Depositing User: | eka Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 03:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:44 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8573 |
Actions (login required)
View Item |