Hamzah, Ismail (2023) Strategi Pemasaran Kain Tenun Sasirangan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.2900.047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kabupaten Tanah Bumbu memiliki beberapa industri rumahan yang memproduksi kain tenun sasirangan. Kain ini merupakan kain khas tradisional masyarakat Kalimantan Selatan yang sudah ada sejak dulu dan menjadi etnik budaya dan tradisi bagi masyarakat dalam menggunakan kain tenun sasirangan. Pemasaran akan kain tenun sasirangan sangat penting untuk dikembangkan dan dilestarikan di jaman modern ini dan semakin banyak pula produk-produk kain yang semakin marak bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk kain tenun sasirangan, untuk mengetahui tingkat perekonomian masyarakat, untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Tanah Bumbu Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menerapkan strategi pemasaran 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Lokasi penelitian dilakukan di Desa Pulau Burung Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh produsen atau pengrajin kain tenun sasirangan masih sangat kurang dan belum mampu mengembangkan pemasaran secara luas dan kreatif (2) kurang mendapat perhatian lebih oleh pemerintah khususnya Tanah Bumbu untuk mempertahankan eksistensi adat khas masyarakat yang ada sejak dulu dan usaha produsen atau pengrajin yang sudah ada turun temurun agar bisa terus bertahan dijaman sekarang dan dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Kain Tenun Sasirangan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:10
Last Modified: 03 Oct 2024 01:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item