Nurannisha, Nurannisha (2024) Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Partisipasi Muzakki Berzakat di Baznas Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
18.2700.030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Badan Amil Zakat Nasional sudah menggunakan layanan digital lewat beberapa media dalam upaya untuk menghimpun dana zakat, infak, dan shadaqah dari masyarakat. Pertama, terobosan menggunakan layanan digital yang dimana dalam pelaksanaannya menggunakan laman website ataupun aplikasi. Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi Lembaga Zakat adalah memberikan sebuah edukasi zakat bagi para muzzaki dan calon muzzaki, baik itu dari kalangan remaja maupun kalangan orang tua terlebih itu masyarakat secara umum. Hal itu dapat lakukan oleh Lembaga Zakat melalui media seperti instagram, facebook, website, twitter, youtube, dan lain-lain. Baznas Kota Parepare sebagai lembaga pengelola zakat tingkat kota juga menghadapi tantangan rendahnya partisipasi muzakki (pemberi zakat) dalam berzakat. Di sisi lain, penggunaan sosial media di Kota Parepare cukup tinggi. Platform digital ini berpotensi dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi dan partisipasi zakat masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan literasi zakat dan tingkat literasi zakat masyarakat Kota Parepare dan peran Baznas Kota Parepare dalam meningkatkan literasi zakat Masyarakat Kota Parepare melalui media sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif. Adapun pendekatan yang dipakai adalah pendekatan fenomenologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Literasi zakat masyarakat Kota Parepare mengalami peningkatan positif melalui program sosialisasi Baznas, meskipun tantangan mengubah kebiasaan lama perlu diatasi melalui edukasi berkelanjutan. (2) Baznas Kota Parepare berperan kunci dalam meningkatkan literasi zakat melalui media sosial dengan strategi digital yang efektif, seperti penggunaan konten visual dan kolaborasi dengan influ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baznas, Literasi Zakat, Literasi Digital, Zakat |
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:29 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8481 |
Actions (login required)
View Item |