Ashari, Deayuli (2023) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Peningkatan Daya Saing Pedagang Sandal dan Sepatu (Studi Kasus Pasar Lakessi). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.2400.086.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh p erkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang tinggi. Terutama pada pedagang sandal dan sepatu di Pasar Lakessi karena tempat yang saling berdekatan dengan pedagang sejenis dan banyaknya barang yang sama dengan merk yang sama dan harga yang cukup bersaing, sehingga rentan menimbulkan persaingan yang kurang sehat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam peningkatan daya saing pedagang dan untuk mengetahui apa yang mempengaruhi perilaku pedagang sandal dan sepatu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang sandal dan sepatu di Pasar Lakessi telah menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dan mampu meningkatkan daya saing dengan meneladani empat prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab dalam bentuk berupa pelayanan yang ramah, sopan terhadap siapa saja baik sesama pedagang dan pembeli, bermurah hati, jujur dan adil, menetapkan harga yang layak, dan berkeyakinan Allah Swt adalah pengatur rezeki. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi perilaku pedagang yaitu: faktor pengetahuan agama dan faktor pengalaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Pedagang, Etika Bisnis Islam, Daya Saing, |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:35 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8390 |
Actions (login required)
View Item |