Makkulau, Andi (2023) Strategi Penetapan Harga Pedagang Sayur dalam Meningkatkan minat beli Konsumen di Pasar Tradisional Kariango. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2400.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya beberapa pedagang sayur di pasar tradisional Kariango yang menggunakan perhitungan dan penetapan harga hanya berdasarkan pada asumsi, sehingga laba yang dihasilkan pun kurang maksimal, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penetapan harga pedagang sayur di pasar tradisional Kariango, bagaimana minat beli konsumen di pasar tradisional Kariango serta faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan pedagang dalam menetapkan harga. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dimana datanya diperoleh langsung dari hasil observasi dan wawancara bersama para pedagang di pasar tradisional Kariango dan data sekunder diperoleh dari buku, dokumen, jurnal/skripsi penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Selanjutnya teknik analisis data yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Penetapan harga pedagang sayur di pasar tradisional Kariango menggunakan beberapa strategi yaitu, Cost-plus pricing, Bundle pricing, Dynamic pricing. Skimming Pricing, Competition-Based Pricing dan Discriminatory pricing. keenam strategi tersebut merupakan strategi penetapan harga yang biasanya digunakan oleh pedagang sayur sebelum berjualan setiap harinya. Kedua, Minat beli konsumen di pasar tradisional kariango dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, lokasi pasar, harga barang, kualitas, people dan pelayanan. Ketiga, Beberapa faktor yang dipertimbangkan pedagang sayur di pasar tradisional Kariango dalam menetapkan harga yaitu, biaya, laba atau keuntungan, kualitas sayur, harga pasar dan persaingan dagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penetapan Harga, Konsumen, Pasar Tradisional
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:43
Last Modified: 30 Sep 2024 02:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8366

Actions (login required)

View Item View Item