Nurdianti, Siti (2023) Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2400.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Konsumsi merupakan keniscayaan dalam kehidupan manusia. Kebutuhan konsumsi ini semakin lama semakin berkembang sejalan dengan pola dan gaya hidup manusia. Karena semakin majunya perkembangan internet dan menjamurnya Online shop, perilaku berbelanja pun sangat lekat di masyarakat terlebih dikalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat belanja online Mahasiswa FEBI IAIN Parepare. (2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat perilaku konsumsi Mahasiswa FEBI IAIN Parepare (3) Untuk mengetahui hubungan antara belanja online terhadap perilaku konsumsi Mahasiswa FEBI IAIN Parepare. dan (4) Untuk mengetahui apakah belanja online berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi Mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey atau angket. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI IAIN Parepare, dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 96 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung pembagian kuesioner di IAIN Parepare dan menggunakan kuesioner melalui aplikasi Google form. Hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa belanja online merupakan cara yang dapat mempermudah aktivitas belanja konsumen. Pada uji one sampel t test didapatkan belanja online 83% dan perilaku konsumsi 81% yang dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis bahwa belanja onine berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik uji t didapatkan nilai sig 0,00 < 0,05. Adapun perbandingan thitung dengan ttabel uji t didapatkan hasil thitung 16.287 > 1.985. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara belanja online dengan perilaku konsumsi mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Serta memiliki derajat hubungan yang sangat kuat, dapat dilihat pada uji korelasi pearson product moment dapat diketahui bahwa variabel belanja online (X) dengan variabel perilaku konsumsi (Y) memiliki hubungan (berkorelasi). Hal ini dapat dilihat pada nilai sig. 0,00 < 0,05 sehingga dinyatakan berkorelasi. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dan nilai Pearson Correlation yaitu 0,859 dengan R Square sebesar 73,8%, sehingga hubungan antara variabel belanja online dengan variabel perilaku konsumsi berada dalam tahap sangat kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Belanja Online, Perilaku Konsumsi, Mahasiswa IAIN Parepare
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:23
Last Modified: 30 Sep 2024 02:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item