Imran, Ali (2024) (Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Tiket Kapal di Pelabuhan Nusantra Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203860202013.pdf] Text
2020203860202013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, terdapat praktik jual beli tiket kapal oleh calo yang berperan sebagai perantara. Calo atau pengurus penumpang ini bertugas memfasilitasi penjualan tiket kapal kepada penumpang dengan berbagai rute tujuan. Prosesnya dimulai dari penumpang berurusan dengan calo, yang selanjutnya menawarkan tiket sesuai dengan kebutuhan. Setelah kesepakatan harga dan jenis tiket terpilih, calo akan memesan tiket berdasarkan data penumpang dan memastikan tiket yang diberikan sesuai dengan data yang terverifikasi. Permasalahan yang diambil pada penelitian ini adalah bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap jual beli tiket kapal oleh calo di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap jual beli tiket kapal oleh calo di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare.Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang mengangkat data dan permasalahan yang ada pada jual beli tiket di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare. Metode yang dipilih dalam proses pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode pendukung yang dilengkapi dengan metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calo tiket telah melakukan upaya untuk memberikan pelayanan yang ramah dan membantu penumpang memahami proses transaksi dengan lebih baik. Mereka umumnya berkomitmen untuk menjual tiket yang asli dan menjawab pertanyaan pembeli dengan jujur. Namun demikian, temuan menunjukkan bahwa beberapa calo belum konsisten dalam mengungkapkan harga asli tiket kepada pembeli, yang dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap integritas bisnis mereka. Tantangan selanjutnya calo memiliki integritas bisnis yang kurang baik karena terkadang memanfaatkan situasi musim penumpang dengan menaikkan harga tiket yang tidak wajar. Penerapan transparansi yang lebih konsisten dalam hal ini menjadi penting untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Selain tantangan dalam transparansi harga, penting juga untuk menggarisbawahi perlunya meningkatkan konsistensi dalam memenuhi prinsip kebebasan dan tanggung jawab dalam praktik bisnis calo tiket. Ini menegaskan perlunya bagi calo untuk memenuhi prinsip etika bisnis Islam dan juga mengedepankan nilai-nilai moral seperti keadilan, transparansi, dan kejujuran dalam setiap aspek bisnis mereka. Dengan demikian, dengan terus memperbaiki dan mengintegrasikan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, calo tiket di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare dapat memperkuat integritas bisnis mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Calo, Jual Beli Tiket Kapal, Etika Bisnis Islam.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:00
Last Modified: 30 Sep 2024 01:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item