RAHMAT, RAHMAT (2024) Analisis Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Konsumsi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare dalam Penggunaan Digital Payment. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana perilaku konsumsi khusunya dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam menggunakan digital payment. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumsi dosen fakultas ekonomi dan bisnis Islam pada penggunaan digital payment menurut tinjauan ekonomi Islam dan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal perilaku konsumsi dosen fakultas ekonomi dan bisnis Islam pada penggunaan digital payment. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun 3 teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni digital payment dan perilaku konsumsi. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku konsumsi dalam syariat Islam juga perlu di perhatikan, bebarapa Dosen FEBI IAIN mengungkapkan bahwa perilaku konsumsi harus sesuai dengan tinjauan atau syariat Islam yang harus mengonsumsi barang atau jasa sesuai kebutuhan dan bukan keinginan semata. perilaku konsumsi pada penggunaan digital payment di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, pada faktor internal pribadi yang dimaksud adalah lebih ke personal seseorang seperti gaya hidup dalam menjalani aktivitas, kesukaan dan konsumsi, selain itu adapun barang dan jasa yang dibeli seseorang juga dipengaruhi oleh pekerjaan. Sedangkan ditinjau pada faktor eksternal dapat dilihat pada faktor sosial. Faktor sosial yang dimaksud adalah pengaruh lingkungan baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: digital payment, perilaku konsumsi, perilaku konmsumsi Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:47
Last Modified: 27 Sep 2024 06:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8321

Actions (login required)

View Item View Item