HUSYENI, IHDAL (2023) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Pakaian Bekas Impor Online Shop di Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.2400.082.pdf] Text
18.2400.082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pakaian bekas impor yang saat ini sedang diminati oleh banyak kalangan menjadikan bisnis tersebut sangat menjajikan karena jangkauan pasarnya yang luas.Tetapi, perlu adanya tinjauan khusus yang mengkaji hal tersebut karena tidak semuanya yang tren sekarang ini adalah bagus. Perlu didalami lebih jauh bagaimana perilaku dari pedagang yang menjualnya apakah sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam yang ada sehingga proses bermuamalah dapat berjalan dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dalam penelitian ini diperoleh dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Teknik penngumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku pedagang pakaian bekas impor online shop di Pinrang dalam menawarkan barangnya dengan cara melakukan berbagai macam promosi, memperbanyak model,dan memberikan harga murah. Jika ditinjau dari etika bisnis Islam yaitu dengan cara pedagang menyortir pakaian yang layak dan tidak serta pedagang menjelaskan kepada pembeli asal dari pakaian yang dijual, dan juga memberikan diskon tanpa adanya paksaan, 2) Perilaku pedagang pakaian bekas impor online shop di Pinrang dalam melakukan transaksi dalam jualannya dengan berbagai cara yaitu dapat dengan transfer, QRIS, COD, dan Rekber. Ditinjau dari etika bisnis Islam perilaku pedagang diantaranya penetapan harga normal yang ditetapkan pedagang, serta adanya perjanjuan kerjasama dengan penyuplai barang, 3) Perilaku pedagang pakaian bekas impor online shop di Pinrang dalam menyikapi konsumen yang tidak puas dan mengembalikan kepercayaan konsumen tersebut dengan cara mendengarkan keluhan konsumen, dan memperbaiki keluhan, kemudian jika memang ingin pengembalian uang maka akan diberikan yang sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam keseimbangan, berkehendak bebas. Serta kebenaran dan kebaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pakaian Bekas, Online Shop
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 27 Sep 2024 05:46
Last Modified: 27 Sep 2024 05:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8313

Actions (login required)

View Item View Item