Pandi, Muhammad (2024) Pengaruh Literasi Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Makanan Halal Mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203860202010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pengetahuan terhadap halal atau literasi halal membantu konsumen agar lebih memahami terkait syariat Islam. Oleh karena itu seorang muslim harus bisa membedakan antara produk yang benar-benar halal dan mana yang tidak. Literasi halal dan religiusitas berdampak pada keputusan konsumsi konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi halal dan religiusitas terhadap keputusan mengkonsumsi makanan halal pada mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan bantuan pengumpulan data menggunakan kuesioner/survei dan dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 862 mahasiswa dengan perhitungan sampel rumus slovin menghasilkan 90 responden. Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan), Regresi Linier Berganda, serta Uji R2 (Koefisien Determinasi) digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Uji t (Parsial) nilai signifikan untuk variabel X1 (Literasi Halal) dan X2 (Religiusitas) < 0,05, nilai t hitung X1 2,443 > 1,987 dan X2 3,497 > 1,987 disimpulkan terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Uji F (Simultan), nilai F hitung 19,901 > F tabel 3,1, disimpulkan terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara bersama-sama (simultan), hipotesis dalam penelitian ini diterima. Uji R2 (Koefisien Determinasi) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 29,8% artinya konsumsi makanan halal dapat dijelaskan oleh variabel literasi halal dan religiusitas sedangkan sisanya 70,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam memperhatikan kehalalan atau literasi halal dalam mengkonsumsi makanan halal, baik dari segi pemahaman maupun penerapannya, begitu pula pada tingkat religiusitas berdampak dalam keputusan konsumsi makanan halal mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Halal, Religiusitas, Konsumsi Makanan Halal |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | eka Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:59 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:59 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8307 |
Actions (login required)
View Item |