Mirat, Sylvia Anggreni (2024) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Lokasi Terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Makanan dan Minuman di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203860202006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Lokasi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing pada UMKM. Orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan lokasi pada UMKM di Kecamatan Soreang belum optimal dan masih perlu ditingkatkan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Lokasi terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Lokasi sebagai variabel independen, dan Keunggulan Bersaing sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data primer sebagai sumber data pada penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada seluruh pelaku UMKM di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 85 responden. Dengan pengolaan data primer menggunakan teknik analisis Smart Partial Least Square (SmartPLS) versi 4.0. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: Pertama, berdsarkan hasil uji hipotesis secara langsung untuk variabel X1, X2 dan X3 menunjukkan nilai t-statistik > 1,96 dan nilai p-value < 0,05 sehingga dinyatakan terdapat pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y. Kedua uji hipotesis untuk uji F (Simultan) menunjukkan nilai F hitung 9,9 > nilai F tabel sehingga dinyatakan terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara bersama-sama (simultan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni terdapat pengaruh variabel Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Lokasi terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Makanan dan Minuman di Kecamatan Soreang Kota Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Lokasi, Keunggulan Bersaing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:47
Last Modified: 27 Sep 2024 03:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item