Afifah, Ummu (2024) Implementasi Retail Marketing Mix Berbasis Syariah dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Toko Amaryllis Hijab Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Berkembangnya bisnis ritel modern mendorong pengusaha ritel untuk menciptakan inovasi, termasuk inovasi bisnis ritel dengan konsep syariah. Pendekatan ini menenkankan kepatuhan pada prinsip-prinsip muamalah Islam, seperti larangan riba, penipuan, gharar, dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk menghindari dampak negatif yang dapat merugikan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat beli konsumen pada Toko Amaryllis Hijab Kota Parepare dan bagaimana implementasi retail marketing mix berbasis syariah dalam meningkatkan minat beli konsumen pada Toko Amaryllis Hijab Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data yakni dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Amaryllis Hijab membaurkan elemen-elemen dalam ritel syariah. Lokasi toko yang strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Produk yang ditawarkan oleh Toko Amaryllis Hijab yang merupakan hasil produksi sendiri yakni jilbab, dress, kemeja, rok, gamis, mukenah, dan aksesoris hijab yang khusus untuk konsumen muslimah. Harga yang ditawarkan yakni dengan pengambilan keuntungan yang wajar, menilai dari kualitas produk yang ditawarkan. Promosi dilakukan melalui akun Instagram Amaryllis Hijab dengan membagikan foto- foto produk nyata serta video reels tutorial hijab. Atmosfer gerai atau suasana Toko Amaryllis Hijab menimbulkan kenyamanan bagi pengunjung dengan lingkungan toko yang bersih, sejuk, serta rapi dan didukung dengan pelayanan karyawan yang ramah kepada pengunjung. Implementasi retail marketing mix berbasis syariah secara keseluruhan telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah serta berhasil meningkatkan minat beli konsumen. Hal ini ditandai dengan total transaksi dan jumlah produk terjual yang cukup tinggi selama 5 bulan terakhir di Toko Amaryllis Hijab, meskipun jumlah tersebut mengalami sedikit penurunan di bulan tertentu. Angka total transaksi dan jumlah produk terjual yang cukup tinggi pada Toko Amaryllis Hijab membuktikan bahwa minat beli konsumen meningkat pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Retail marketing mix, minat beli konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:38
Last Modified: 27 Sep 2024 03:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item