Radhi, Muhammad Al Fiqri Wardana (2024) Strategi Marketing Giveaway di Online Shop AlCollect Sentral Hijab Parepare Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.2400.029.pdf] Text
18.2400.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi marketing yang dilakukan oleh online shop Al Collect Sentral Hijab. Strategi marketing promosi dalam bentuk giveaway dipilih karena selain untuk meningkatkan pembelian, produk yang dipasarkan merupakan produk muslimah. Maka dari itu online shop AlCollect Sentral Hijab memperhatikan etika-etika pemasaran dalam ekonomi islam yang jujur, terpercaya, penggunaan bahan yang berkualitas serta senantiasa ramah dalam melayani pembeli. Jika pemasaran dijalankan sesuai dengan ajaran agama islam, maka hal tersebut bukan hanya mendapatkan keuntungan tetapi akan mendapatkan keberkahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis interaktif kualitatif. Hasil penelitian strategi marketing yang dilakukan di online shop AlCollect Sentral Hijab dengan menerapkan promosi giveaway telah berhasil karena terjadi peningkatan jumlah followers dan peningkatan jumlah pelanggan yang berakibat meningkat pula jumlah pendapatan. Selanjutnya online shop AlCollect Sentral Hijab dalam menjalankan bisnisnya sudah sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam, dimana dalam melakukan bisnis dan promosinya AlCollect Sentral Hijab mendapatkan respon dari pelanggan dan peserta giveaway telah sesuai dengan ekonomi Islam karena mengandung shiddiq, amanah, fathonah, dan tabligh dalam strategi marketing dan penyelenggaraan giveaway

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing, Giveaway, Penjualan, Ekonomi Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 27 Sep 2024 05:15
Last Modified: 27 Sep 2024 05:15
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item