ANJASARI, ARMITA (2023) , Strategi Keunggulan Bersaing Pedagang Sembako Di Pasar Lakessi (Perspektif Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Strategi merupakan penentuan rencana para pemimpin organisasi atau bisnis yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai suatu penyusunan, cara atau upaya agar bagaimana tujuan tersebut dapat dicapai. Kemudian, cara untuk bersaing agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan para pedagang maka setiap usaha harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat meningkatkan jumlah konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi keunggulan bersaing pedagang sembako dan tinjauan etika bisnis Islam dalam strategi keunggalan bersaing pedagang sembako di Pasar Lakessi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi keunggulan bersaing pedagang sembako yang terjadi di Pasar lakessi terdapat objek dalam strategi keunggulan bersaing yaitu: harga yang sesuai dengan pembeli, produk yang berkualitas serta kemasan yang baik dan pelayanan. Tetapi dalam berlaku adil masih ada pedagang sembako yang curang dalam melakukan takaran yang dapat merugikan pembeli. Kemudian dalam tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi keunggulan bersaing pedagang sembako di Pasar lakessi mencakup 5 prinsip yaitu ketauhidan, keadilan, kebenaran, kehendak bebas dan tanggung jawab. Dari prinsip tersebut sebagian besar aktivitas berdagang dalam strategi keunggulan bersaing yang dilakukan oleh pedagang sembako sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, meskipun masih ada sebagian pedagang sembako yang melakukan cara berdagang dalam bersaing secara tidak sehat yang bertentangan dengan etika bisnis Islam yaitu curang dalam hal timbangan yang dapat merugikan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Keunggulan Bersaing, Etika Bisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180116 International Law (excl. International Trade Law)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:01
Last Modified: 27 Sep 2024 03:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8286

Actions (login required)

View Item View Item