Mutmainnah, Mutmainnah (2024) Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana pengaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian di tokopedia pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dalam jenis penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kampus IAIN Parepare. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner/angket. Sampel penelitian sebanyak 91 orang, yang ditarik dari jumlah 1.098 populasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun 2022-2023 dengan menggunakan teknik slovin dengan tingkat kesalahan 10% atau 0,1. Teknik analisis data menggunakan uji One Sampel T-test, uji Korelasi Pearson Produck moment, uji Regresi Linear Sederhana, dan uji Koefisien determinasi(R2). Hasil dari penelitian ini adalah Pertama hasil uji One Sampel T-test potongan harga(X) diperoleh nilai 80% berada pada kategori baik. Kedua hasil uji One Sampel T-test keputusan pembelian(Y) diperoleh nilai sebesar 78% berada pada kategori baik. Ketiga hasil uji Korelasi Pearson Product moment diperoleh 0,599 menandakan bahwa terhadap hubungan cukup antara potongan harga dengan keputusan pembelian pada platform Tokopedia. Diketahui r hitung 0,599 > dari r tabel 0,171 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka potongan harga dengan keputusan pembelian pada platform Tokopedia terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Keempat hasil uji Regresi Linier Sederhana diketahui nilai sig 0,000<0,05, dan nilai t hitung 6,364 > t tabel 2,631 maka H0 ditolak dan Ha diterima, jadi potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada platform tokopedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potongan Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:55
Last Modified: 27 Sep 2024 02:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8284

Actions (login required)

View Item View Item