Agus, Nurkhofifa (2023) Dampak Lingkungan Sosial Pada Perilaku Konsumsi Mahasiswa Fakulitas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, sehingga secara tidak sadar ia mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang dibentuk oleh lingkungannya termasuk pola konsumsi maka dari itu tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana lingkungan sosial mahasiswa bagaimana perilaku mahasiswa Fakulitas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare dan untuk mengetahui bagaimana pandangan islam tentang dampal lingkungan sosial pada perilaku konsusmsi. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis peneliti ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan fenomologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik pengolahan data coding dan kategorisasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas dengan uji dependabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data reduksi data (Data reduction), penyajian data (Display data), dan verifikasi (Verification). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). lingkungan sosial mahasiswa Fakulitas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu terdiri dari lingkungan keluarga lingkungan masyarakat, dan lingkungan pendidikan dimana dari lingkungan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif dan positif. 2). Perilaku konsumsi mahasiswa timbul dari lingkungan sosial yang berada dilingkungannya di antaranya, komsumen membeli atau mengonsumsi tanpa memikirkan kegunaanya, hanya tertatik oleh promosi atau iklan dimedia sosial baik elektonik maupun media cetak, hanya ingin memiliki merek yang sudah dikenal banyak konsumen, membeli barang hanya karena gengsi semata, tertarik karena adanya bonus ataupun diskon, Menilai atau menyeleksi terhadap pembelian berdasarkan tujuannya. 3). Perilaku konsumsi dalam ekonomi islam berdasarkan pada prinsip keadilan, prinsip kebersihan, prinsip kesederhanaan kemurahan hati, dan moralitas. Konsumsi meliputi kebutuhan, kesenangan dan kemewahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sosial, dan Perilaku Konsumsi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:00
Last Modified: 27 Sep 2024 03:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item