Bursinuddin, Rahma (2024) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Persaingan Usaha UMKM di Pelataran Masjid Agung Darussalam Kabupaten Soppeng. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

UMKM seringkali menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan usahanya, seperti keterbatasan sumber daya, akses terhadap modal, serta persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bagaimana etika bisnis Islam dapat menjadi landasan untuk mengatasi tantangan tersebut dan menciptakan lingkungan bisnis yang adil, berkeadilan, dan berkelanjutan bagi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah persaingan usaha UMKM dan menelaah etika bisnis islam terhadap persaingan usaha UMKM di Pelataran Masjid Agung Darussalam Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan studi langsung ke lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengodean terbuka, pengodean berporos dan pengodean selektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persaingan usaha UMKM di Pelataran Masjid Agung Darussalam Kabupaten Soppeng meliputi empat aspek yaitu produk, harga, tempat dan pelayanan. Dari segi persaingan produk diantaranya para pelaku usaha sudah menjamin kualitas produknya, tetapi terdapat beberapa pelaku usaha merasa iri terhadap pelaku usaha lainnya dikarenakan produk pelaku usaha lebih laris dari pada produknya. Dari segi harga yang terjadi pada usaha UMKM adalah hal yang wajar terjadi, akan tetapi penentuan harga yang diterapkan dari beberapa pelaku usaha itu hal yang tidak wajar karena membanting harga yang lumayan tinggi. Segi tempat para pemilik usaha UMKM tidak begitu belomba-lomba untuk mendapatkan tempat, karena semua tempat yang ditempati oleh pelaku usaha sudah layak dan strategis. Segi pelayanan yang diberikan kepada pembeli mayoritas sudah baik, terbukti dengan bagaimana pelaku usaha dalam melayani pembeli. Dari hasil pengamatan meskipun pelayanan yang diberikan berbeda-beda, akan tetapi mereka berusaha yang terbaik. Adapun hasil tinjauan etika bisnis islam terhadap persaingan usaha UMKM di Pelataran Masjid Agung Darussalam Kabupaten Soppeng masih belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip etika biisnis Islam ialah prinsip kesatuan tauhid (Unity), prinsip kebajikan; kejujuran dan yang sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam terdapat pada prinsip keseimbangan (Equilibrium), kehendak bebas (Free Will) dan tanggung jawab (Responsbility).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Etika Bisnis Islam, Persaingan Usaha, UMKM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:00
Last Modified: 27 Sep 2024 03:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8282

Actions (login required)

View Item View Item