ERNAWATI, LIDYA (2023) Strategi Pemasaran Produk Bachiss dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Tinjau dari Etika Bisnis Islam di Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
18.2400.008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Strategi pemasaran dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui pertukaran. Ketidaketisan dalam berbisnis akan merugikan bisnis itu sendiri, terutama jika dilihat dari perspektif jangka panjang. Persaingan usaha yang sehat akan menjamin keseimbangan antara hak produsen dan konsumen. Masalah yang dihadapi produk Bachiss yaitu dipersulitnya memperoleh izin ke minimarket di beberapa wilayah yang mana dapat menghambat produk bachiss. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seperti apa strategi pemasaran yang diterapkan dalam memasarkan produknya, menganalisis produk Bachiss dalam menghadapi persaingan bisnis dan menganalisis penerapan strategi pemasaran dan persaingan bisnis di tinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan dan jenis yang digunakan yaitu fenomonologi dan deskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data diperoleh di lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu bersifat induktif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dari wawancara langsung dengan pemilik dan karyawan , dan data sekunder dari jurnal ilmiah, internet buku dan dokumen lainnya. Hasil penelitian yang dilakukan pada produk Bachiss dinyatakan sebagai berikut: 1) Pemilik produk Bachiss menggunakan strategi dengan memperhatikan dan menjaga kualitas dan kuantitas produknya dan memiliki 3 varian rasa yang tersedia.; menetapkan harga yang sesuai kualitas yang di berikan, mendistribusikan produknya toko dan bekerjasama dengan kios-kios, café, alfamidi, alfamart dan indomaret di beberapa.; promosi yang dilakukan yaitu dengan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth), mengandalkan sosial media seperti facebook, instagram dan whatsapp serta mengikuti event-event dan pelatihan yang diadakan oleh provinsi, UMKM dan komunitas baik itu didalam kota maupun di luar kota. 2) strategi produk Bachiss dalam menghadapi persaingan bisnis yaitu fokus, memperhatikan dan menjaga kualitas dan kuantitas produknya menggunakan cara yang baik dengan tidak merugikan usaha orang lain dan tidak menggunakan cara curang dalam bersaing. 3) Strategi pemasaran produk Bachiss dalam menghadapi persaingan bisnis telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang di buktikan dengan bersaing secara sehat, tidak merugikan pihak lain, tidak menyembunyikan kecacatan barang, rata dalam takaran dan menjaga kualitas produk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8277 |
Actions (login required)
View Item |