Azam, Shahrul (2023) Pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli minuman ugiee’ di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.2400.032.pdf] Text
18.2400.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Minat beli merupakan keinginan seseorang untuk membeli suatu produk atau jasa, perilaku ini mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk atau jasa yang konsumen inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana hubungan citra merek dan harga terhadap minat beli minuman Ugiee‘ di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. (2) Untuk mengetahui apakah adapengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek dan harga secara bersama-sama dengan minat beli minuman ugiee‘ di Kecamatan Patampanua. (3) Untuk mengetahui variabel manakan yang paling dominan berpengaruh secara simultan citra merek dan harga terhadap minat beli minuman Ugiee‘ di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian masyarakat Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang , dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung pembagian kuesioner di kalangan masyarakat dan menggunakan kuesioner melalui aplikasi Google form. Hasil penelitian diperoleh bahwa citra merek dan harga memiliki hubungan secara positif dan signifikan terhadap minat beli minuman ugiee di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig X1 dengan Y. 0,000 < 0,05, nilai sig X2 dengan Y 0,00 < 0,05 dan nilai sig X1 dan X2 0,00 < 0,05 sehingga dinyatakan semua variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dengan nilai pearson korelasi X1 0,772 yang artinya tingkat korelasinya kuat , X2 0,840 yang artinya tingkat korelasinya sangat kuat dan X1 terhadap X2 yaitu 0,830 yang artinya tingkat korelasinya sangat kuat dengan demikian H01 ditolak dan Ha1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa citra merek dan harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli minuman Ugiee di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik uji t didapatkan nilai sig X1 0,012 < 0,05 dan nilai sig X2 0,00 < 0,05, dengan perbandingan nilai thitung dengan ttabel uji t yaitu X1 2,482 dan X2 6,716 dengan demikian H02 ditolak dan Ha2 diterima. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda ditemukan hasil nilai koefisien regresi variabel X1 0,345 dan X2 0,745 berpengaruh positif terhadap Y namun variabel X2 lebih dominan berpengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Citra Merek,Harga, Minat Beli minuman Ugiee
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:23
Last Modified: 27 Sep 2024 02:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item