Inawati, Inawati (2024) Persaingan Pedagang Parfum Di Kota Pinrang Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.001 pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Persaingan merupakan usaha yang dilakukan untuk memperhatikan keunggulan masing-masing yang dilakukan perorangan atau badan hukum dalam bidang perdagangan, produksi, dan pertahanan. Persaingan usaha dapat juga dikatakan suatu kondisi dimana terdapat dua pihak atau lebih yang merupakan pelaku usaha yang saling mengungguli dalam mencapai suatu tujuan yang sama dalam usaha tertentu. Kemudian, cara untuk bersaing agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan para pedagang maka setiap usaha harus memiliki strategi dalam bersaing agar dapat meningkatkan jumlah konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan di bidang promosi, harga serta perilaku pedagang parfum di Kota Pinrang jika terjadi komplain dari konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan pedagang parfum yang terjadi di Kota Pinrang terdapat objek dalam persaingannya yaitu: harga yang sesuai dengan pembeli, produk yang berkualitas serta kemasan yang baik dan pelayanan yang baik juga. Tetapi masih ada pedagang parfum yang curang dalam memberikan takaran yang dapat merugikan pembeli atau konsumen. Dalam analisis etika bisnis Islam terhadap persaingan pedagang parfum di Kota Pinrang mencakup 5 prinsip yaitu ketauhidan, keadilan, kebenaran, kehendak bebas dan tanggung jawab. Dari prinsip tersebut sebagian besar aktivitas berdagang dalam persaingan pedagang parfum yang dilakukan oleh pedagang parfum sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, meskipun masih ada sebagian pedagang parfum yang melakukan cara berdagang dalam bersaing secara tidak sehat yang bertentangan dengan etika bisnis Islam yaitu curang dalam hal takaran dan harga yang dapat merugikan pembeli dan pedagang parfum yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persaingan usaha, Etika Bisnis Islam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:17
Last Modified: 27 Sep 2024 01:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item