Nurhikmah, Nurhikmah (2024) Strategi Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Di Bank Muamalat KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2020203861206029.pdf] Text
2020203861206029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi bersaing dalam upaya meningkatkan minat menabung di Bank Muamalat KCP Parepare. Tujuan penelitian ini adalah 1)Penerapan strategi bersaing yang digunakan Bank Muamalat KCP Parepare dalam meningkatkan minat menabung, 2)Dampak dari strategi bersaing yang diterapkan oleh Bank Muamalat KCP Parepare, dan 3)Strategi bersaing yang diterapkan Bank Muamalat KCP Parepare ditinjau dari perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), serta dengan metode pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada 4 unsur penerapan strategi bersaing yang dilakukan Bank Muamalat KCP Parepare dalam menghadapi pesaing yaitu strategi produk, produk Bank Muamalat KCP Parepare bisa bersaing dengan bank lainnya karena produk yang dimiliki sesuai dengan ketentuan syariah. Strategi harga, harga yang ditetapkan berdasarkan pada prinsip keadilan tanpa ada bunga. Strategi promosi, meskipun beberapa nasabah yang mengatakan Bank Muamalat KCP Parepare masih kurang melakukan sosialisasi ke masyarakat-masyarakat, tetapi pihak bank berupaya melakukan promosi melalui media sosial, lewat iklan-iklan, dan lewat brosurbrosur, dan strategi distribusi yaitu bank melakukan pelayanan langsung dengan nasabah dan mendistribusikan produknya kepada nasabah melalui beberapa saluran seperti melalui ATM, mobile banking atau internet banking,dan juga melalui media sosial. 2)Strategi bersaing mempunyai dampak dalam meningkatkan minat menabung dimana nasabah yakin untuk menabung di Bank Muamalat karena produk dan layanan yang diberikan sesuai dengan prinsip syariah. 3)Ada berbagai upaya yang dilakukan Bank Muamalat KCP Parepare dalam menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam bersaing seperti dalam segi pelayanan, melayani dengan jujur, amanah, komunikatif dan cerdas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing,Minat Menabung,Bank Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:25
Last Modified: 26 Sep 2024 08:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item View Item