Fajar, Muh (2023) Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh motivasi investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Mengetahui pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI IAIN Parepare. Mengetahui pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI IAIN parepare. metode penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif FEBI IAIN Parepare berjumlah 2274 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 Mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI IAIN parepare, dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,013< 0,05 dan nilai thitung adalah 2,529 lebih besar dengan nilai ttabel 1,989. Motiasi investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI IAIN Parepare dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05 nilai thitung adalah 3,76 lebih besar dengan nilai ttabel 1,989. Motivasi dan pengetahuan investasi secara simultan berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI IAIN Parepare, dibuktikan dengan Fhitung sebesar 77,324 > Ftabel 3,09 dan nilai probabilitas 0,001<0,05. Variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 61,6% sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Pengetahuan , Motivasi, Minat, Investasi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:48
Last Modified: 26 Sep 2024 07:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8243

Actions (login required)

View Item View Item