Wardani, Safira (2024) Analisis Komparatif Kualitas Pelayanan Nasabah Pengguna Aplikasi Digital Dan Manual Pada Pegadaian Syariah Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Hadirnya Aplikasi Pegadaian Syariah Digital tidak hanya mampu mengefesienkan waktu nasabah dalam bertransaksi namun nasabah juga mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat lainnya. Sejalan dengan perkembangan teknologi, nasabah Pegadaian Syariah Sidrap mayoritas mendapatkan pelayanan transaksi secara manual.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pengguna pelayanan aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan Manual secara komparatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis interaktif kualitatif. Hasil penelitian analisis komparatif kualitas layanan nasabah pengguna aplikasi digital dalam dimensi daya tanggap telah merespon secara cepat terkait permasalahan nasabah, nasabah yang mendapatkan pelayanan secara manual menyatakan bahwa Pegadaian Syariah Sidrap telah melakukan pelayanan yang optimal dan mempunyai respon yang cepat terhadap nasabah yang mengalami masalah. Pada dimensi keandalan, baik nasabah yang menggunakan aplikasi maupun nasabah yang mendapatkan layanan secara manual mendapatkan pelayanan yang memiliki kecepatan dan kelengkapan informasi yang dapat membantu nasabah. Pada dimensi jaminan, pengguna aplikasi mendapatkan pelayanan berupa kotak saran, keamanan data aplikasi dari aplikasi. Pada dimensi empati menunjukkan kepedulian melalui adanya aplikasi Pegadaian Syariah yang dibuat untuk memudahkan nasabah, sedangkan nasabah yang mendapatkan layanan secara langsung merasakan karyawan yang membantu dengan ramah dan memahami nasabah. Pada tampilan fisik Pegadaian Syariah Sidrap memberikan faselitas yang nyaman dan moderen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komparatif, Kualitas Pelayanan, Manual, Online, Pegadaian Syariah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:53
Last Modified: 26 Sep 2024 07:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8242

Actions (login required)

View Item View Item