HERNANDA, POPPY HIDAYAH (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Penggunaan Produk Pembiayaan Perbankan Syariah di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2300.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Para pelaku UMKM tentunya membutuhkan lembaga keuangan untuk memenuhi kebutuhan modal. Namun, persaingan antar lembaga keuangan membuat para pelaku UMKM memiliki banyak pilihan. Masyarakat yang tidak mengetahui produk yang ada pada bank syariah tentunya tidak akan berminat untuk menggunakan jasa perbankan syariah, kecuali orang yang mempunyai keinginan kuat melakukan transaksi pada bank syariah dikarenakan menghindari unsur riba. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor pengetahuan, faktor lokasi, dan faktor lokasi mempengaruhi pelaku UMKM dalam kegiatan menggunakan produk pembiayaan perbankan syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada pelaku UMKM. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pengetahuan, faktor promosi, faktor lokasi, dan penggunaan produk pembiayaan bank syariah termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel faktor pengetahuan dan faktor promosi berpengaruh dan signifikan terhadap penggunaan produk pembiayaan bank syariah, sedangkan variabel faktor lokasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap penggunaan produk pembiayaan bank syariah. Secara simultan ketiga variabel independen memiliki pengaruh terhadap penggunaan produk pembiayaan bank syaraiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Faktor Pengetahuan, Faktor Promosi, Faktor Lokasi, Penggunaan Produk Pembiayaan Bank Syariah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:42
Last Modified: 26 Sep 2024 07:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item