Marzita, Veni (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2020203861206020.pdf] Text
2020203861206020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pemenuhan kepuasan nasabah menjadi salah satu faktor penting karena kepuasan nasabah ini merupakan tujuan akhir dari strategi pemasaran dalam jangka panjang serta mendorong agar perusahaan semakin memahami kebutuhan nasabah setianya, maka untuk memenuhi kepuasan nasabah, produsen harus menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik bauran pemasaran, kepuasan nasabah tabungan yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan nasabah tabungan di Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dan statistik asosiatif. Pengumpulan data yang dilakukan survei kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis data uji one sample t-test, uji korelasi pearson product moment, regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi (R^2) Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji one sample t-test memperoleh nilai t hitung sebesar 9.736 > t tabel 1,671, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata bauran pemasaran di Bank Syariah Indonesia sebesar 85% dari yang diharapkan dan memiliki klasifikasi sangat baik, hasil dari one sample t-test memperoleh nilai t hitung sebesar -60,837 < t tabel 1,671, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Nilai rata-rata kepuasan nasabah tabungan di Bank Syariah Indonesia sebesar 87% dari yang diharapkan dan memiliki klasifikasi sangat baik. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai 0,927 dengan signifikansi 0,000 < 0,1, maknanya adalah sumbangsi variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang positif dan signifikan antara bauran pemasaran terhadap kepuasan nasabah tabungan Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Hasil uji regresi linear sederhana memperoleh persamaan, Y = 4.949 + 0,453X dengan signifikansi 0,000 < 0,1 maka disimpulkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan di Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,860 yang berarti bahwa 86% kepuasan nasabah tabungan (Y) dipengaruhi oleh bauran pemasaran (X) termasuk sangat kuat dan 14 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan Nasabah, Tabungan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:46
Last Modified: 26 Sep 2024 07:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item View Item