Haswinda, Haswinda (2023) Relevansi Penggunaan Layanan Mobile Banking dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BSI Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.2300.069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Relevansi penggunaan layanan mobile banking menjadi salah satu faktor penting dalam peningkatan jumlah nasabah, terdapat beberapa kendala dalam hal penggunaan mobile banking pada nasabah sehigga peru adanya evaluasi relevansi Penggunaan Layanan mobile banking dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BSI Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat penggunaan mobile banking , dan faktor-faktor penentu layanan mobile banking dalam meningkatkan jumlah nasabah serta relevansi layanan mobile banking dalam meningktakan jumlah nasabah di BSI Parepare di BSI Parepare. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, narasumber penelitian ini yaitu Teller, costumer service serta nasabah, total informan yaitu sebanyak 5 informan dengan analisis data reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tingkat penggunaan mobile banking di BSI Parepare mengalami peningkatan yang signifikan disebabkan dengan adanya kebutuhan nasabah untuk mengakses layanan perbankan secara praktis dan efisien melalui perangkat ponsel serta dengan penggunaan mobile banking telah menjadi kewajiban bagi nasabah baru saat membuka rekening di BSI Parepare. 2) Faktor penentu yang paling signifikan dalam meningkatkan jumlah nasabah di BSI Parepare melalui layanan mobile banking adalah faktor kemudahan akses dan faktor kemudahan transaksi. Kemudahan akses meliputi proses registrasi dan pendaftaran yang sederhana dan cepat, serta ketersediaan aplikasi mobile banking yang dapat diunduh dan diakses melalui perangkat ponsel dan faktor kemudahan transaksi mencakup berbagai jenis transaksi perbankan yang dapat dilakukan dengan mudah melalui transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain sebagainya. 3) Relevansi layanan mobile banking dalam meningkatkan jumlah nasabah di BSI Parepare merujuk pada relevansi external yaitu kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan dan perkembangan dalam masyarakat terlihat melalui keuntungan dan manfaat yang ditawarkan oleh BSI dalam hal kemudahan akses. Relevansi internal yaitu kesesuaian atau konsistensi antara komponen-komponen seperti tujuan dari mobile banking pada layanan perbankan umum yang digunakan oleh masyarakat seperti pembayaran BPJS, layanan pensiun, dan pembayaran tagihan listrik sebagai bentuk relevansi layanan mobile banking dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Banking, Relevansi, BSI Parepare |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:32 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8230 |
Actions (login required)
View Item |