Maryam, Maryam (2023) Strategi Peningkatan Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking di Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.2300.086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Mobile Banking merupakan sebuah fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat, nasabah dalam menggunakan Muamalat DIN, faktor penghambat dalam aplikasiMuamalat DIN serta untuk mengetahui impelmentasi strategi bank dalam meningkatkan minat nasabah di KCP Bank Muamalat Parepare.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriftif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik pengolahan data coding dan kategorisasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas dengan uji triangulasi yakni truangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi (verification).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem Muamalat DIN yang canggih ini dapat memberikan informasi secara cepat kepada penggunanya tanpa mengenal waktu, ruang, jarak, dan kondisi lainnya. Kemajuan teknologi digital mendorong manusia untuk menggunakannya, sehingga semua orang dianggap perlu untuk mempelajarinya serta mengetahui cara pengoperasiannya. Muamalat DIN ini semakin meningkat dan semakin banyak diminati oleh nasabah karena dengan kemudahannya dalam menggunakan sistem mobile banking seperti transfer sesama rekening atau sesama bank, cek saldo, pembayaran tagihan-tagihan atau pembelian kecuali tarik tunai. Adapun faktor penghambat yang biasa terjadi pada Muamalat DIN yaitu jaringan yang kurang baik yang menyebabkan sistem pada aplikasi terkadang sulit untuk diakses. Faktor lainnya yaitu di sebabkan karena adanya serangan virus yang biasa menyerang aplikasi, cara mengatasinya bank harus terus meningkatkan keamanan serta disarankan untuk nasabah agar tidak login atau bertransaksi di handphone orang lain. Dalam hal ini nasabah akan lebih merasa nyaman pada pengoperasiannya. Serta implementasi peningkatan pelayanan nasabah yaitu dengan melakukan promosi dan fleksibilitas proses pelayanan lebih mudah. Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi, bank juga semakin mengembangkan produk dan juga pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Karena mau tidak mau bank juga harus berinteraksi dengan perkembangan teknologi agar bank dapat memberikan kepuasan kepada nasabahnya. Maka dari itu, dengan diperolehnya kepuasan nasabah maka secara tidak langsung bank juga akan mendapatkan feed back yang sangat menguntungkan yaitu loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Banking, Minat Nasabah, Bank Muamalat. |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | junita Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:27 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:27 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8228 |
Actions (login required)
View Item |