Selfiana, Selfiana (2024) Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BTN Syariah Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
2020203861206019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Persaingan usaha yang semakin ketat dan beragamnya produk pada setiap bank sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produk�produk yang dimiliki. Salah satu produk yang paling diminati pada Bank BTN Syariah Parepare yaitu produk deposito mudharabah, dalam memasarkan produk deposito mudharabah pihak bank tentunya memiliki strategi-strategi tertentu sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk produk deposito pada Bank BTN Syariah Parepare, dan Strategi pemasaran produk deposito mudharabah dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank BTN Syariah Parepare. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, serta metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Bentuk produk deposito mudharabah pada Bank BTN Syariah Parepare adalah produk investasi berjangka dengan jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan yang menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Persentase bagi hasil yang akan di peroleh yaitu 29,50% untuk nasabah dan 70,50% untuk bank yang telah disepakati di awal akad. 2) Strategi pemasaran yang diterapkan Bank BTN Syariah parepare menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) dengan komponen 4P, yaitu Product (Produk) dengan berupaya meningkatkan citra produk dan mengutamakan kualitas produk deposito mudharabah, Price (Harga) dengan menetapkan harga yang kompetitif, Place (Tempat/Lokasi) dengan pemilihan lokasi yang strategis, Promotion (Promosi) dengan melakukan periklanan menggunakan media cetak dan media sosial, dan melakukan promosi secara langsung kepada nasabah. Bauran pemasaran 4P yang diterapkan menunjukkan bahwa strategi marketing mix 4P
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8226 |
Actions (login required)
View Item |