Hajrah, Hajrah (2024) Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Wadiah Yad Dhamanah Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
192300102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam mempromosikan produk tabungan wadiah yad dhamanah, yang mana produk tersebut salah satu produk yang paling banyak diminati oleh nasabah, dalam memasarkan produk tersebut pihak bank menerapkan strategi-strategi tertentu dalam memasarkan produk. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Barru dalam memasarkan produk tabungan wadiah yad dhamanah dan untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam memasarkan produk tabungan wadiah yad dhamanah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi Bauran pemasaran produk tabungan wadiah yad dhamanah yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam menerapkan strategi pemasaran produk tabunggan wadiah yad dhamanah menggunakan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari 7P yaitu, produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence). Kemudian yang menjadi faktor penghambat dalam produk tabungan wadiah iyalah keterbatasan nasabah dalam aksesibilitas dan literasi digital dalam penggunaan BSI mobile banking. Sedangkan untuk faktor pendukungya bebas dari riba karena tabungan ini termasuk dalam bentuk syariah. Namun produk tersebut juga sangat diminati masyarakat karena tanpa biaya sedikitpun dan tabungan aman dari praktek riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Wadiah Yad Dhamanah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:27
Last Modified: 26 Sep 2024 07:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item