Nurfadillah, Nurfadillah (2024) Persepsi nasabah terhadap produk pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.2300.085.pdf] Text
19.2300.085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Persepsi nasabah merujuk pada cara individu atau kelompok melihat, menilai, dan merespon produk atau layanan sesuatu dalam hal ini produk pembiayaan murabahah. Ini melibatkan interpretasi personal terhadap kualitas, manfaat, dan nilai produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembiayaan murabahah dan bagaimana persepsi nasabah terhadap produk pembiayaan murabahah di BSI KCP Barru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan tehnik pengelolaan data coding dan kategorisasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunkan kreadibilitas dengan uji triagulasi yakni trigulasi sumber dan trigulasi tehnik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembiayaan murabahah di BSI KCP Barru mengalami perkembangan, hal ini dapat dilihat dari jumlah nasabah 3 bulan terakhir yang terus meningkat, walaupun baru beroperasi kurang lebih 1 tahun namun pembiayaan murabahah di BSI KCP Barru mengalami perkembangan, melalui berbagai produk dengan akad murabahah seperti Mitraguna, Griya, Cicil emas dan Oto. Penyaluran pembiayaan dilakukan dengan melalui beberapa tahapan meliputi: Pengumpulan data, pemeriksaan berkas, wawancara, on the spot, pengimputan berkas ke sistem, penandatanganan akad, pencairan, monitoring. (2) Persepsi nasabah terhadap produk pembiayaan murabahah di BSI KCP Barru melalui tiga tahapan yaitu, pada tahap stimulus nasabah cenderung tertarik mengambil pembiayaan di BSI berdasarkan pengaruh bujukan dari keluarga atau teman yang telah memanfaatkan pembiayaan murabahah di BSI KCP Barru. Kemudian tahap registrasi, nasabah meyakini bahwa sistem pembiayaan murabahah yang diterapkan di BSI KCP Barru sesuai dengan prinsip syariah dan bebas dari unsur riba, menciptakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Sementara pada tahap interpretasi, sebagian nasabah memandang produk pembiayaan murabahah di BSI memiliki kesamaan dengan produk bank konvensional, dengan perbedaan utama terletak pada proses akad. Beberapa juga masih kurang paham dengen istilah-istilah dalam bank syariah, hal ini disebabkan masih kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat maupun nasabah mengenai sistem ataupun istilah�istilah dalam bank syariah itu sendiri. Meskipun demikian, mereka mengakui manfaat yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan konsumtif dan berperan penting bagi keberlangsungan usaha nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pembiayaan murabahah, Bank Syariah Indonesia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:20
Last Modified: 26 Sep 2024 07:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item