Yunus, Yuli Hardani (2023) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Nasabah BSI KCP Enrekang (Analisis Manajemen Pemasaran Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.2300.067.pdf] Text
19.2300.067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Secara umum topografi wilayah didominasi oleh perbukitan/pegunungan. Kondisi ini menjadi salah satu kendala yang di hadapi oleh BSI KCP Enrekang untuk menarik masyarakat menjadi nasabah. Masih banyak daerah yang belum tersentuhjaringan sehingga membuat pegawai terkendala dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran BSI KCP Enrekang dalam menarik minat nasabah dan analisis manajemen pemasaran syariah terhadap strategi BSI KCP Enrekang dalam menarik minat nasabah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif. Adapun pendekatan yang dipakai adalah pendekatan fenomenologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BSI KCP Enrekang adalah dengan menggunakan Strategi pemasaran dengan menggunakan segmentation, targeting, positioning pada produk wadiah terkait segmentasi pasar bahwa BSI KCP Enrekang hanya mengadopsi pendekatan segmentasi pasar yang berfokus pada aspek demografik, geografis, dan sosioekonomi untuk memahami karakteristik dan kebutuhan nasabah dan pelanggan di wilayah Enrekang. BSI KCP Enrekang memiliki dua target pasar untuk meningkatkan pemasaran produk mereka yaitu Target pasar kredit dan pendanan, posisi pasar yang mencakup pangsa pasar syariah, kesadaran merek, loyalitas nasabah, citra dan kepercayaan, inovasi produk, persepsi harga, serta jangkauan dan pelayanan, BSI KCP Enrekang dapat mengevaluasi posisinya di pasar keuangan syariah di wilayah tersebut. (2) Manajemen pemasaran syariah terdiri atas fungsi perencanaan,fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan dan implementasi dan fungsi pengawasan dan pengendalian. Semua fungsi tersebut menerapkan prinsip muamalah yaitu bank syariah telah menghindari unsur riba yang sejalan dengan prinsip ta’awun, unsur zalim, unsur gharar, unsur maysir, sedangkan unsur haram dapat dikategorikan bahwa ketika bank telah menjauhi unsur riba, maysir dan gharar maka unsur haram telah tiada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BSI, pemasaran, strategi, wadi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 26 Sep 2024 06:37
Last Modified: 26 Sep 2024 06:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8199

Actions (login required)

View Item View Item