Hasirah, Hasirah (2023) Strategi Pemasaran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) Dalam Meningkatkan Jumalah Nasabah pada Bank Muamalat KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2300.007 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Muamalat Digital Islamic Network merupakan aplikasi mobile banking yang dapat di akses secara langsung, kapanpun dan dimana saja oleh pengguna yang merupakan nasabah Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) pada Bank Muamalat KCP Parepare; Faktor yang menjadi hambatan dalam memasarkan Muamalat Digital Islamic Network (DIN) pada Bank Muamalat KCP Parepare; dan Dampak pemasaran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) pada Bank Muamalat KCP Parepare. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu pimpinan cabang, bagian marketing, teller, dan nasabah Bank Muamalat KCP Parepare. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Parepare adalah dengan menggunakan 4 strategi adalah segmentasi pasar, target pasar, penentuan posisi, dan bauran pemasaran. Adapun bentuk bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. 2). Faktor yang menjadi hambatan dalam memasarkan Muamalat Digital Islamic Network (DIN) pada Bank Muamalat KCP Parepare adalah ketersediaan jaringan, edukasi kepada nasabah, tingkat keamanan bagi nasabah, masih rendahnya minat masyarakat, dan tantangan para CEO bank. 3). Dampak dalam pemasaran Muamalat Digital Islamic Network (DIN) pada Bank Muamalat KCP Parepare adalah nasabah merasakan efektif dan efesien, hal ini disebabkan karena yang bertransaksi dengan cara mobile banking merasakan bahwa bertransaksi tidak harus datang ke bank sangat memudahkan mereka dan nasabah merasa aman dan nyaman dalam menggunakan mobile banking muamalat DIN dalam bertransaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Muamalat, Strategi Pemasaran, Muamalat DIN.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:36
Last Modified: 26 Sep 2024 05:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item